Prosedur Sederhana Dalam Merancang Leaflet


Leaflet adalah cara untuk menunjukkan ide-ide Anda serta emosi dalam hal kata-kata, gambar, dan kemudian grafik. Cara Anda mempresentasikan ide-ide Anda dalam selebaran akan menentukan atau akan memengaruhi persepsi pembaca Anda dalam hal pesan-pesan yang disampaikan dalam selebaran Anda. Informasi dalam selebaran Anda akan memungkinkan pelanggan Anda untuk memutuskan apakah informasi Anda memiliki relevansi dengan mereka atau hanya buang-buang waktu saja.

Desain selebaran harus dibuat sedemikian rupa sehingga seluruh poin yang ingin Anda diskusikan dalam selebaran disampaikan secara langsung dan ringkas yang cukup efektif dalam mendorong komentar serta tindakan dari pembaca. Dalam hal teks yang akan digunakan itu harus memiliki karakteristik sebagai berikut: persuasif, harus menarik, patut diperhatikan dan bermanfaat. Buat teks Anda sedemikian rupa sehingga akan meninggalkan bekas di benak pembacanya. Dan kemudian pastikan untuk hanya menggunakan paragraf pendek dan kemudian pastikan Anda menandainya dengan judul. Untuk ide-ide berurutan, gunakan peluru karena itu harus lebih mudah dibaca. Juga, untuk informasi yang mungkin ingin Anda tekankan, Anda dapat menyorot atau menggunakan font yang berbeda dan kemudian cetak tebal teksnya.

Desain gambar juga penting dalam leaflet karena akan membantu Anda menyampaikan pesan Anda dengan lebih efektif. Gambar-gambar yang akan digunakan untuk selebaran akan tergantung pada subjek atau tema selebaran Anda. Proses tata letak memerlukan perencanaan yang cermat dan ini membutuhkan kerja tim karena Anda akan memutuskan jenis teks dan gambar yang akan digunakan untuk selebaran Anda. Layout akan membutuhkan sketsa awal yang akan menunjukkan di mana Anda ingin teks Anda ditempatkan, di mana judul akan ditempatkan, ke mana gambar akan pergi, warna apa yang terbaik untuk teks dan latar belakang.

Setelah proses tata letak kemudian akan memulai pencetakan. Desain sekarang akan diunggah di komputer. Pengetikan dan pemformatan teks akan membutuhkan program pengolah kata seperti MS Word. Tetapi bagi para pengguna komputer ahli mereka mungkin lebih suka menggunakan QuarkXpress atau Adobe Photoshop terutama untuk proses perancangan. Tetapi bagi mereka yang tidak memiliki komputer dan tidak tahu cara menggunakannya ada printer profesional di luar sana di mana Anda dapat mengambil proyek leaflet Anda. Dan jika pernah Anda menemukan itu tugas yang membosankan untuk mengunjungi setiap toko cetak lokal di tempat Anda, Anda selalu dapat berselancar di internet untuk printer profesional yang menawarkan harga terjangkau untuk proyek leaflet Anda. Ini jauh lebih mudah dan nyaman mencari online.

Hal yang perlu diingat untuk menginstruksikan printer Anda – hal-hal yang biasa terjadi terutama ketika Anda membawa proyek leaflet Anda ke printer adalah bahwa mereka biasanya memotong selebaran ke ukuran dan jadi Anda tidak boleh lupa untuk memerintahkan mereka untuk meninggalkan margin berdarah. Margin berdarah biasanya ruang 2mm di sekitar tepi desain yang biasanya hilang selama proses pemotongan. Hal lain, gambar harus disimpan 300 dpi dan disimpan sebagai file JPG atau TIF. Tetapi jika kualitas gambar terlalu rendah maka ada kemungkinan sudut-sudutnya akan bergerigi. Kertas yang akan digunakan juga harus dipertimbangkan karena kertas yang terlalu tipis cenderung untuk bercak ketika warna diterapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *